Sunday, May 27, 2012

Hindari penggunaan SOFTERGENT pada popok kain

Baru saja Greennappy mendapat informasi dari seorang sahabat Greennappy dari Batam. Karena salah memakai deterjen, semua fleece menjadi water repellent (menolak air).

Oh NO! ini bencana. Bahan Fleece ini biasanya digunakan pada inner popok kain dan liner (lihat photo diatas, fleece adalah bagian stay dry yang berwarna putih, bagian dalam popok yang menyentuh pantat bayi), apabila fleece jadi water repellent, akibatnya popok kain akan bocor karena cairan tidak ter-transfer sempurna ke bagian penyerap.

Jadi ceritanya, sahabat kita tersebut menggunakan deterjen model terbaru, yaitu deterjen cair bening yang memakai PELICIN (=smoothing). Produsen deterjen berinovasi dengan penambahan material silicon ini agar baju tidak kusut. Pada kemasan deterjen tsb dijelaskan bahwa tidak ada residu deterjen (hmm, iya mungkin benar ya bahwa tidak ada residu deterjen, tetapi residu silikon ini bersifat water repellent).

Tergantung proses pada saat manufacturing deterjen, apakah proses panas atau proses dingin, sangat sulit menghilangkan residu silikon ini pada serat kain. Bahan silikon ini biasanya terdapat pada conditioner, shampoo + conditioner, pelicin pakaian (untuk setrika). Dengan campuran bahan pelicin silicon ini pada deterjen sebetulnya istilahnya bukan lagi deterjen tapi SOFTERGENT.

Dengan ini Greennappy mengingatkan kembali kepada semua customer, GUNAKAN HANYA DETERJEN BIASA atau WELLOS LAUNDRY BALL (tanpa pelembut, pelicin, pewangi, enzym, brightener, tanpa tambahan minyak-minyak alami dll).

BAGAIMANA BILA TERLANJUR REPELLENT?

Cara menghilangkan residu pelicin ini adalah dengan melakukan
(1) Lakukan Stripping (rendam dengan air hangat, baking soda dan cuka). 
(2) Bila stripping tidak manjur, lakukan pencucian minimum 5x rendam cuci dengan DETERJEN BIASA / Idealnya menggunakan Wellos Laundry Washing Ball. ATAU kucek-kucek dengan sabun cuci piring dan bilas sampai bersih. Keringkan. Lakukan uji tetes air, bila masih water repellent ulangi lagi. Bila Anda salah lagi memakai deterjen yang ada mengandung softener/ smoothing/ pelicin, maka kasus repellent akan MAKIN parah.


Semoga berguna!

Salam,
Greennappy
Trust - Honesty - Commitment

Info terkait:
Artikel ini dimuat dengan seijin teman yang menceritakan case ini kepada Greennappy.