Cara Merawat

Merawat GreenNappy mudah saja lho!

Lebih sederhana karena hanya diperbolehkan memakai deterjen merek apapun yang biodegradable seperempat - setengah takaran normal saja, tidak perlu pakai softener, bleach, optical brightener, pelicin/smoothing dan tidak boleh memakai deterjen yang mengandung enzym! Wellos Laundry Ball aman bagi popok dan tidak meninggalkan residu.




Popok modern GreenNappy HARUS dicuci dulu 1x sebelum pakai. Penyerapan baru akan maksimal setelah 8-10x siklus cuci kering pakai untuk soaker Bamboo/Hemp dan minimal 3x cuci untuk soaker microfiber

Yang tidak diperbolehkan:
1) Jangan memakai deterjen yang mengandung enzym atau optical brightener (oxigen) yang akan merusak lapisan waterproof. Tidak boleh memakai sabun colek, sabun mandi, sabun cuci piring, sabun cuci tangan, shampoo/conditioner.
2) Jangan memakai softener, pelicin/smoothing karena bisa menutup pori-pori lapisan dalam, menyebabkan bocor. Juga tidak boleh memakai cream rash seperti Bepanthen karena bisa menutup pori-pori lapisan dalam menyebabkan bocor dan merusak inner bamboo.
3) Jangan menggunakan bleach karena bisa melarutkan lapisan waterproof
4) jangan menggunakan air panas / setrika >60 derajat C karena akan melarutkan lapisan waterproof
5) Menggunakan mesin pengering pakaian / spin mesin cuci akan memperpendek umur lapisan waterproof
6) Cover/Pants jangan terkena sinar UV berlebihan karena akan merusak lapisan waterproof. JANGAN MENJEMUR COVER di panas matahari terlalu terik, terutama diaper cover, sisi dalam (PUL) jangan menghadap matahari.



Yang Dianjurkan:
1) Hanya gunakan deterjen lembut ramah lingkungan (biodegradable),merek apapun OK asalkan jangan mengandung bleach/softener/enzym/oxigen, 1/2 dosis normal.
2) Setelah dipakai si kecil, pisahkan celana dan insertsnya, masukkan ember tertutup dalam keadaan kering. Bila ada kotoran, semprot dengan toilet spray sampai bersih, masukkan ember tertutup. 
3) Masukkan mesin cuci. Bila akan dicuci bersama pakaian lain, bilas dulu sekali (boleh ditambahkan sedikit deterjen), baru dicampur dengan pakaian lain. Gunakan banyak air. Bila menggunakan Greennappy laundry ball, rendam dulu minimal 1 jam sebelum proses pencucian.
4) Pants diperas dengan tangan (dengan lembut, jangan di plintir) dan di jemur dengan digantung di tempat yang teduh berangin.

Stripping Instruction. Penting!!! (bila perlu saja)
Jika Bunda/Ayah bermasalah dengan popok 'bocor' tetapi INSERTS nya masih relatif kering, ini diakibatkan karena sisa-sisa deterjen yang menumpuk dan melekat pada permukaan popok. Untuk membersihkannya, ikuti petunjuk dibawah ini.


Cara membersihkan sisa-sisa deterjen yang menumpuk pada popok:
1) Cuci popok dengan air hangat 30C tanpa deterjen sedikitpun
2) Cuci popok kembali dengan air hangat dan campurkan 1 sendok makan larutan cuka putih dan 1 sendok makan baking soda
3) Bilas dengan air biasa yang ditambahkan 1 sendok makan cuka

4) Bilas dengan air biasa lagi
5) Ulangi langkah 1-4 jika masih diperlukan beberapa kali.


atau rendam popok semalaman dengan Wellos Laundry Washing Ball dan kemudian cuci seperti biasa.

Info berguna lainnya:
* Hal yang perlu diperhatikan bila anak alergi
* Tips mengatasi residu deterjen dan residu urine
* Greennappy Wellos Laundry Ball
* Deterjen apa yang aman untuk popok kain?